10 Tips Wajib Sebelum Mudik

By: MUtrack Ikrima

Sebagai mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan di kampus, libur lebaran adalah momentum yang paling ditunggu-tunggu. Selain bisa terlepas dari tugas-tugas campus life, liburan menjadi kesempatan untuk kumpul bareng keluarga besar yang cuma bisa ketemu satu tahun sekali. Tapi, sebelum sampai ke rumah, kita harus rela menempuh perjalanan jauh yang melelahkan dan rela menerjang macet yang lebih parah daripada hari biasa. So, supaya perjalanannya tetap menyenangkan, ada Tips wajib yang harus MUers siapkan sebelum pergi mudik. Check this out!
Periksa kondisi kendaraan
Sebelum mulai perjalanan, untuk kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi, wajib banget periksa kondisi kendaraan kamu. Bahkan, sebelum pergi lebih baik kalian men-service kendaraan kamu ke bengkel. Memeriksa kondisi kendaraan penting banget untuk keselamatan pribadi dan orang lain. Gak maukan tiba-tiba mogok ditengah perjalanan?

Pakai baju senyaman mungkin
Perjalanan mudik biasanya memakan waktu yang cukup lama, bahkan saat libur lebaran seperti ini, jalanan akan jauh lebih padat dari biasanya. Badan akan lebih berkeringat dan lengket. Sulit untuk dapat kesempatan mandi atau ganti pakaian. Jadi, memilih baju yang simple bisa bikin kamu gak ribet karena perjalanan kamu terasa nyaman . Pilih pakaian yang mudah nyerap keringet ya MUers!

Membawa makeup ukuran travel kit
Nah, makeup adalah salah satu barang wajib yang harus dibawa apalagi untuk para perempuan. Dari mulai skincare sampai makeup remover gak boleh ketinggalan. Tapi, kebayang gak sih seberapa banyak item yang akan menuhin tas kamu nanti? Kalau gak diatur, tas kamu bisa-bisa cuma penuh sama makeup! Trik untuk mengatasi hal ini adalah memindahkan sedikit dari item makeup kamu ke tempat yang lebih kecil. Banyak kok e-comerse yang menjual wadah-wadah kecil minimalis yang bisa jadi alternatif wadah cadangan makeup kamu. Tapi, pindahinnya dalam kondisi steril ya!
Pergi ke toilet sebelum pergi
Tiba-tiba kebelet diperjalanan adalah momok paling mengesalkan saat diperjalanan. Ada baiknya sebelum memulai perjalanan biasakan untuk pergi ke toilet dulu untuk jaga-jaga gak kebelet dijalan nanti. Selain itu, bila diperjalan nanti kamu menemukan toilet, manfaatkan waktu tersebut untuk meminimalkan resiko. Gaada yang tahu kan depan perjalanan nanti kamu akan nemu toilet lagi atau engga.

Persiapkan uang cash secukupnya
Meskipun kamu merasa lebih aman menggunakan kartu dalam bertransaksi, akan lebih baiknya kamu juga mempersiapkan uang cash. Bawalah uang cash secukupnya dan jangan berlebihan ya MUers! Untuk kamu yang mudik dengan menggunakan kendaraan umum, jangan lupa untuk melebihkan sedikit uang cash kamu untuk hal-hal yang tidak diduga nanti ya.

Persiapkan obat pribadi
Sebelum memulai perjalanan mudik, istirahat yang cukup memang penting. Tapi, siapa yang tahu jika diperjalanan nanti kondisimu tiba-tiba tidak baik. Misalnya seperti mabuk perjalanan atau masuk angin? Untuk mengantisipasi hal tersebut, persiapkan obat pribadi kamu agar badan tetap fit hingga selamat sampai di rumah ya!

Membawa snack dan minuman
Saat macet nanti akan sulit untuk menemukan makanan atau minuman. Jadi, bawalah cadangan snack atau minuman untuk mengganjal perut kamu selama diperjalanan. Apalagi buat yang lagi gak puasa, lumayan banget tuh.

Membawa baju dan barang seperlunya
Bawalah baju dan barang seperlunya ya Muers. Liburannya kan cuma sementara, gak mau kan barang kesayangan kamu tertinggal dirumah atau diperjalanan? Dan juga dengan membawa barang secukupnya bakal meringankan beban kalian banget loh.

Membawa powerbank
Semakin jauh perjalanan, semakin lama waktu tempuh untuk sampai ke rumah. Kapasitas handphonemu pun hanya terbatas. So, agar Handphone kamu tetap always on, hematlah daya batrei kamu dan jangan lupa bawa powerbank untuk mengganti daya batrei handphone kamu.

Persiapkan playlist musik seru
Perjalanan mudik akan sangat membosankan, apalagi untuk kamu yang pergi sendirian dan kena macet. Selama diperjalanan, kamu hanya akan melihat jalanan yang padat dengan kendaraan yang tak ada hentinya. Agar kamu tidak bosan dan malah mengantuk, siapin playlist musik seru yang beritme cepat atau slow slow kayak di pantai. Tapi ingat, jangan diputar terlalu kencang ya Muers, demi keselamatan kamu diperjalanan.

Itu dia 10 tips yang wajib kamu persiapkan sebelum mudik. Hati-hati dijalan ya! Selamat Hari Raya Idul Fitri MUers!

Editor: MUtrack Caca
Photographer: MUtrack Mala