Be the first to get our updates. So, stay in touch with Caraka Festival

carakaCaraka Festival kembali hadir sebagai ajang kompetisi periklanan untuk mahasiswa kreatif di seluruh Indonesia. Sebagai jembatan antara mahasiswa dengan industri kreatif, Carakafest menantang mahasiswa Indonesia untuk membuktikan dan memperlihatkan potensi-potensi yang ada dalam diri mereka.

Carakafest dibagi menjadi 2 part, Pre Event dan Event. Pre event Carakafest berisi rangkaian kegiatan roadshow ke berbagai universitas di seluruh pulau Jawa dan kompetisi itu sendiri. Untuk Event akan berisi Gallery Exhibition, Seminar, Camp Workshop, Meet the Judges dan puncaknya adalah malam penganugerahan Awarding Night. Untuk rangkaian kegiatan Event akan dipusatkan di kota Semarang, Jawa Tengah.

Carakafest sebagai event tahunan yang dinanti oleh mahasiswa dan industri kreatif Indonesia, merupakan ajang bertemunya para insan muda untuk sharing, networking, memperluas pengetahuan, dan menjadi wadah pengembangan kreatifnya Indonesia di masa depan.

Tema Carakafest 2014

Prioritas Identitas

Di tahun keenam ini, Carakafest dikemas dengan mengusung tema “Prioritas Identitas”. Berangkat dari ketertarikan mahasiswa untuk mempelajari berbagai keahlian, dan tidak takut untuk membuat kesalahan karena hidup adalah soal pilihan. Caraka mengajak mahasiswa untuk menentukan pilihannya, berani menyusun prioritas mengenai impian yang akan diraih, dan menciptakan karakter dengan penuh kesadaran sebhingga akan menjadi sebuah identitas diri yang kuat. Pada akhirnya mereka akan tahu akan kemana setelah masa perkuliahan berakhir.

Pre Event Caraka Festival 2014

Roadshow Carakafest 2014

Rangkaian kegiatan Carakafest 2014 dimulai dengan roadshow atau sosialisasi memberitakan tentang Caraka Festival Kreatif ke perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Kegiatan roadshow ini dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober- 7 November 2014. Carakafest akan mendatangi 33 kampus di 8 kota yaitu :

  • Jakarta : Universitas Indonesia, IISIP, Universitas Paramadina, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Universitas Trisakti, Univeritas Katolik Atma Jaya, Bina Nusantara University, ITKP, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Mercubuana, President University, dan Politeknik Media Kreatif.
  • Bandung : ITB, ITENAS, Telkom University, dan Universitas Padjajaran.
  • Semarang : Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Semarang, Universitas Islam Sultan Agung, Unika Soegijapranata, dan Universitas Dian Nuswantoro.
  • Yogyakarta : UGM, Universitas Katolik Atma Jaya, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  • Solo : UNS, dan ISI Surakarta.
  • Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana.
  • Surabaya : Universitas Airlangga, Universitas Kristen Petra, dan ITS.
  • Malang : Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang.

Kompetisi Carakafest 2014

Call for entry kompetisi carakafest pada tanggal 30Oktober 2014. Kompetisi dibagi menjadi enam kategori yaitu, Print Ad, Radio Ad, TVC, Digital Activation, Integrated Campaign. Demi meningkatkan kulitas karya-karya mahasiswa kreatif Indonesia, maka di tahun ini Carakafest membuat kategori baru yakni Unconventional Media. Setiap kategori akan mendapatkan brief atau penugasan baik dari klien nyata atau fiktif yang dibuat oleh Caraka. Setiap brief akan diumumkan melalu website Caraka di http://carakafest.org/ . Juri-juri yang akan menilai karya para finalis antara lain, Lucy Novita (Associate Creative Director Hakuhodo Indonesia), Gloria Martie (Freelance Filmmaker), Vida Nugroho (Associate Creative Director DDB Indonesia), Vito Winarko (Creative Group Head Grey Worldwide Indonesia), dan Joseph Indra Dean (Creative Director XM Gravity). Close entry pada tanggal 17 November 2014.

 

 Event Caraka Festival

Grand Opening Carakafest 2014

Acara ini diisi dengan atraksi Drummer Show, Speech, dan Fireworks Ceremonial. Grand opening ini dilaksanakan pada hari kamis, 18 Desember 2014 di Hotel Patra Jasa Semarang

Seminar Carakafest 2014

Setelah grand opening, maka dilanjutkan dengan seminar carakafest 2014 yang dilaksanakan tanggal 18 Desember 2014 Patra Jasa Hotel Semarang dengan total peserta 400 orang. Sesuai dengan tema Caraka yakni “Prioritas Identitas”, maka isu seminar yang diangkat adalah Realisasi Imaji dimana akan membahas mengenai ketepatan seseorang ketika akan menetap di suatu karakter atau suatu bidang. Pembicara-pembicara ini akan membahas pengalaman mereka ketika sudah memiliki karakter yang tepat dan bidang harus di tekuni. Langkah mereka saat pasar sudah berkembang maka apa yang harus dilakukan ketika karakter kita masih tetap di tempat. Pembicara seminar carakafest tentu memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing, antara lain Bena Kribo and Others Indovidgram Founder, Indra Ameng Manager “White Shoes & The Couples Company” , Niken Sasmaya Account Manager for Indonesia At Google, Whisnutama CEO & Co-Founder NET Mediatama Indonesia.

Caraka Exhibition 2014 (18-20 Des 2014)

Kegiatan galeri carakafest dilaksanakan di Hotel patra jasa semarang pada tanggal 18-20 Desember 2014. Galeri Caraka setiap tahunnya memamerkan karya-karya mahasiswa yang masuk ke dalam saringan sorted list dan juga karya finalis. Dipilih oleh para juri yang sesuai dengan standart di atas 50% menjawab brief dalam kompetisi. Pameran komunitas kreatif, di tahun ini bersamaan dengan diselenggarakannya festival komunitas yang akan mengundang seluruh insan-insan kreatif Semarang dan sekitarnya untuk berkolaborasi dalam sebuah exhibition dan forum kreatif. Diharapkan akan menjadi sebuah momentum dimana beragam elemen kreatif akan bersinergi satu sama lain untuk berkembang bersama di ranah industri kreatif.

Kegiatan

Gallery Caraka : Pameran karya finalis dan komunitas kreatif.

Creative Job : Job fair yang dilaksanakan oleh agency-agency disebut juga portofolio fair, dan portofolio night.

Creativepreneur : Expo yang berisi para wirausaha yang bekerja di bidang kreatif.

Camp Finalist/Workshop (19-20 Desember 2014)

Mengusung tema “Eksplorasi ide tanpa henti, dan menghindari first layer”, kegiatan ini dibedakan menjadi kelas bagi umum, dan para finalis caraka. Setiap kelas memiliki materi yang berbeda-beda, maka dari itu para peserta harus memilih sesuai keinginannya. Kegiatan camp finalist dibuka khusus bagi para finalis caraka. Camp finalist dan workshop ini akan diselenggarakan di Patra Jasa (Workshop UMUM) dan Wisma Katolik Semarang (Camp Finalist) pada tanggal 19-20 Desember 2014. Para finalis akan dibagi menjadi dua kelas workshop dengan jumlah peserta 25-30 orang. Setiap kelas akan dibagi menjadi dua sesi yaitu strategic dan creative. Kelas bagi finalis diberi dua hari agar lebih fokus dan mengerjakan case study lebih baik. Karena karya yang akan keluar dari workshop untuk klien akan dipresentasikan kepada klien. Pemateri kelas A yaitu Sapto Handriyanto (Strategic Planning Director Dentsu Indonesia) dan Vida Nugroho (Creative Director DDB Group Indonesia). Di kelas B akan diisi oleh Devi Attamimi (Strategic Planning Director at Hakuhodo) dan Joseph Indra Dean (Creative Director at XM Gravity).

Workshop umum juga akan diisi oleh pemateri yang kompeten dibidangnya, antara lain Imam Wiratmaja (Strategic Planning Manager Narrada Communications), Alfa Aphrodita (Executive Creative Director, Co Founder of Arcade Indonesia), Marketing Komunikasi Indonesia, dan XM Gravity.

Awarding Night (13 Desember 2014)

Awarding Night merupakan puncak acara Caraka Festival Kreatif 2014, dimana nantinya para finalis akan dikumpulkan di satu tempat dan akan diumumkan pemenang-pemenang dari masing-masing kategori. Acara ini akan diselenggarakan di Admiral MRC Hall Semarang. Tamu-tamu yang hadir pun beragam, tentunya akan dipenuhi oleh insan-insan kreatif dan juga para pendukung kegiatan Caraka Festival. Para finalis yang beruntung akan mendapat gelar juara bronze, silver, dan gold. Tak hanya itu, setiap tahunnya selalu ada penobatan “Caraka of the Year” kepada kampus yang memiliki poin tertinggi. Telah tiga tahun gelar ini dipertahankan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Awarding Night juga akan dimeriahkan oleh para pengisi acara yang tentunya menghibur para audiens.

 ***Pihak Caraka ingin memberitahukan adanya PENGUNDURAN JADWAL MAIN EVENT CARAKAFEST yang semula tanggal 11-13 DESEMBER berubah menjadi tanggal 18-20 DESEMBER.

Kontak CarakaFest :

Twitter : @Carakafest

Facebook page : Caraka Festival Kreatif

Website : http://carakafest.org/

Youtube : Official Caraka Fest

Tiagita Reva Yogiyanti – PR Manager Carakafest 2014

081281572235

###

marcom: @aliattamimi_