Jatinangor Kota Mati!

Writer: MUTrack Zain | Editor: MUTrack Mita | Photo: MUTrack Arbar

Muers pasti setuju kalau Jatinangor adalah daerah yang dipadati oleh mahasiswa—mulai dari yang berdomisili di sekitar sampai perantau dari berbagai daerah di Indonesia. Dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, para mahasiswa ini merantau ke Jatinangor hanya untuk menimba ilmu di berbagai macam perguruan tinggi.

Yap! Jatinangor juga merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak perguruan tinggi. Berbagai perguruan tinggi di Jatinangor diantaranya, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, IKOPIN dan Juga IPDN. Bisa Muers bayangkan betapa banyaknya mahasiswa-mahasiswi yang tinggal di Jatinangor ini.

Tak hanya dipenuhi oleh mahasiswa-mahasiswi perantau saja, Jatinangor juga dipenuhi oleh orang-orang yang ingin berwirausaha. Para Wirausahawan ini mengetahui betul peluang jika berbisnis di Jatinangor. Mulai dari pedagang kaki lima, owner Cafe, dan lain-lain. Betapa crowded nya Jatinangor ini! Padahal luas daerahnya saja tidak seluas Kota Bandung.

Tapi saat ini ada yang berbeda dengan Jatinangor. Dari yang biasanya setiap sore mau pulang dari kampus menuju kosan butuh berbelas-belas menit, jalanan di gang yang super macet dan sekarang berubah menjadi kota yang mati! Alias tidak ada kehidupan! Dari yang kalau makan malam bingung karena terlalu banyak pilihan, sekarang bingungnya itu karena tidak ada pilihan! Dari yang kalau pulang jam 12 malam saja masih ramai kaya yang mau tawuran, sekarang jam 7 malam saja sudah seperti jam 3 subuh. Yap! Jatinangor berubah jadi kota mati Muers!

Jatinangor jadi kota mati bukan karena Jatinangor jadi korban pemboman ya Muers, ini karena para perantau sudah pulang ke kampung halamannya masing-masing. Tak hanya itu, perguruang tinggi di Jatinangor pun sudah memasuki waktu liburan semester. Otomatis, kalangan mahasiswa-mahasiswi pun mulai meninggalkan Jatinangor dan para pedagang pun mulai tidak berjualan. Ya iya, siapa juga ya yang mau beli? Maka dari itu Jatinangor menjadi kota mati sekarang!

Tapi tenang aja Muers! Awal bulan Agustus, Jatinangor akan beroperasi seperti biasanya. Macet dimana-mana, bingung milih makan malam, rapat sana sini, deadline tugas sana sini, belum lagi skripsi sana sini!

So, buat kalian Muers yang mungkin sekarang masih banyak keperluan di Jatinangor dan bahkan hingga malam hari harap berhati-hati ya! Jaga barang-barangnya, jangan lupa jaga diri nya juga karena peluang kriminalitas bisa menjadi tinggi disuasana sepi. Tetap was-was dan waspada ya! Banyak membaca doa juga yaa kalau pulang malam!

Selamat menikmati Jatinangor sebagai kota mati!

No Comments Yet

Leave a Reply