Mahasiswa UNPAD ciptakan Alat Bantu Kenal Huruf dengan Metode Belajar Kinestetik, Visual, dan Auditori “Benalu Keladi”

Belum lama ini, lima mahasiswa UNPAD yang beranggotakan Prima, Dendi, Irnando (FMIPA 2016), Anselma (FAPSI 2016), dan Gabriella (FTIP 2016) menciptakan sebuah alat yang dinamai Benalu Keladi. Benalu Keladi sendiri merupakan singkatan dari Alat Bantu Kenal Huruf dengan Metode Belajar Kinestetik, Visual, dan Auditori.


Latar belakang pembuatan alat ini adalah keinginan untuk memberantas buta huruf di suatu SD di Jatinangor. “Jadi kami niat awalnya memang ingin membantu sebuah sekolah. Di sekolah itu, banyak anak yang belum lancar membaca, bahkan ada yang masih belum tau huruf (buta huruf)”, ujar salah satu anggota tim Benalu Keladi. Dengan niat seperti itu, mereka pun mencari cara untuk bisa ikut andil dalam menyelesaikan permasalahan di SD tersebut.


“Aku kepikiran ingin menciptakan suatu metode atau alat bantu gitu. Nah, di psikologi kan aku dikasih tau kalau gaya belajar tuh ada tiga, yaitu visual, auditori, dan kinstetik kalau menurut Howard Gardner. Dari situ, mungkin akan efektif kali ya kalau ada alat bantu kenal huruf atau membaca yang bisa untuk semua anak meskipun gaya belajarnya beda-beda,” ungkap Anselma yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi. Dengan kerjasama antar anggota tim dari jurusan yang berbeda-beda, mereka saling melengkapi untuk membuat alat ini.

No Comments Yet

Leave a Reply