PENGEN CANTIK DENGAN LOW BUDGET? WHY NOT?

Writer : MUtrack Mala

Aloha MUers!!!!
Banyak banget nih yang bertanya-tanya rahasia kulit wajah agar tetap sehat tanpa perawatan dokter yang pastinya super mahal banget itu. Tapi karena kita hanya mahasiswa biasa yang masih banyak bergantung dari uang saku orangtua, jadi tidak bisa perawatan yang kayak artis-artis sebelah. Mungkin ada juga yang sudah ikut perawatan namun jadi ketergantungan dan bingung banget cara lepas dari obat dokter tersebut. Nah bisa nih simak artikel RadioMu kali ini.
So, tunggu apalagi langsung yuk kita bongkar rahasianya.

Kulit wajah memang memerlukan berbagai perawatan untuk membuatnya tetap sehat dan terhindar dari beragam masalah. Berbagai produk pun digunakan, karena beda masalah maka berbeda pula cara mengatasinya. Namun, terkadang kulit membutuhkan perawatan dengan produk yang spesifik. Nah, kita mau berbagi tips cari membuat masker-masker alami nih buat setiap masalah kalian. Mulai dari yang untuk mengatasi masalah jerawat, hingga yang untuk mengatasi masalah kulit kendur. Tertarik untuk mencobanya?

1. Untuk mengatasi jerawat
Waduh – waduh jerawat merah-merah suka muncul secara tiba-tiba nih ya.
Biasanya kalo yang cewek nih muncul karna lagi datang bulan ya. Tapi, ada juga cewek dan cowok yang karena butiran-butiran debu nakal jadi jerawatan. Bisa juga karna kalian lagi kasmaran jadi muncul jerawat cinta. Nah sebenarnya jerawat terjadi akibat tumbuhnya jaringan lemak di bawah kulit sehingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan radang. Jerawat bisa kita kempesin dengan masker jeruk nipis lohhh. Kok bisa? Yuk kita intip caranya

Prosedur :
1. Basuh muka terlebih dahulu dengan air hangat dan bersih.Keringkan dengan perlahan, dan jangan digosok terlalu keras.
2. Iris tipis jeruk nipis lalu oleskan ke wajah anda, terutama di bagian yang berjerawat. Memang agak sedikit perih, namun tahan saja karena itu artinya zat asamnya sedang bereaksi.
3. Diamkan selama kira–kira 15 menit, lalu bilas dengan air dingin, agar wajah terasa segar.Lakukan setiap hari jika perlu, atau sehari dua kali, untuk pengobatan jerawat dan dua hari sekali untuk mencegah jerawat dan menghilangkan jerawat.
Bisa juga pakai cuka apel nih, MUers
Caranya yaitu:
1.Campurkan 1 sendok cuka apel dengan 2 sendok air
2.Celupkan bola kapas kedalam larutan tersebut.
3.Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat.
4.Diamkan selama 10 menit.
5.Bersihkan dengan air hangat.
Lakukan 2 kali dalam seminggu

2. Untuk mengatasi kulit kering
Haduh – haduh pusing karna kulit yang kering? Apalagi karna panas – panasan atau yang abis berjemur di siang bolong. Nah ini tips ampuhnya
MUers bisa menggunakan masker minyak zaitun, masker madu, dan masker putih telur
Minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya bisa membantu mengembalikan kelembaban kulit mulai dari kulit badan maupun wajah.
Madu dipercaya dapat mengatasi masalah kulit kering wajah karena cairan lebah ini memiliki banyak nutrisi untuk kulit yang membantu mencerahkan dan melembabkan wajah begitu juga masker putih telur loh MUers.
Cara penggunaannya sama nih, kita lihat yaa !
Prosedurnya :
1. Pilih salah satu masker yang bahannya ada di rumah atau kosan kalian.
2. ‎Cukup oleskan saja ke wajah
3. Diamkan 15-25menit.
4. ‎Lalu basuh wajah kalian dengan air.

3. Untuk mengatasi komedo
Komedo membandel pasti bikin kalian risihkan. Menyebalkan memang kalau ada komedo tuh
Nah in inih masker ampuh mengatasi komedo-komedo yang selalu mengusik kehidupan kita.
Yang pertama dengan pitih telur.
Lagi-lagi putih telur ya Muers! Memang banyak sekali manfaat dari putih telur dan salah satunya juga bisa ngilangin komedo karena tinggi kandungan protein dan asam folat. Seperti yang diketahui, protein bisa meringkas pori-pori kulit, sehingga produksi minyak yang dapat memicu masalah komedo dapat berkurang secara signifikan. Sedangkan kandungan asam folat akan membuat kulit menjadi halus.
Caranya:
1. Pecahkan sebutir telur kemudian pisahkan bagian kuning dan putihnya.
2. ‎Pastikan wajah bersih sebelum menggunakan masker putih telur ini, ya.
3. ‎Aplikasikan putih telur pada bagian wajah yang terdapat komedo menggunakan jari ataupun kuas.
4. ‎Diamkan masker hingga kering. Bisa juga menempelkan kapas pada bagian hidung yang memiliki komedo agar hasilnya optimal.
5. ‎Setelah masker kering, bersihkan wajah menggunakan air hangat.

Nah ada lagi nih masker yang bikin kalian pastinya ternganga karna gak kepikiran. Ada yang bisa nebak? Yup! Itulah kopi. Tidak hanya mengangkat sel kulit mati, ternyata kopi juga ampuh untuk menuntaskan komedo.
Caranya mudah kok, cukup siapkan ampas kopi atau kopi yang dicampur dengan air secukupnya. Kemudian pakai di wajah yang berkomedo sembari menekan kulit dengan gerakan memutar lalu ratakan masker kopi keseluruh wajah Anda. Biarkan sampai agak mengering, kemudian bilas dengan air.

Nah, tadi udah kita beberin beberapa masker ampuh yang murah meriah ya , MUers. Supaya kalian bisa merawat wajah kalian lebih baik lagi! 🙂
Jangan pantang menyerah dan tetap semangat! Karena wajah yang sehat butuh waktu juga. Sekalian biar kalian belajar bersabar menghadapi cobaan hehehehe
RadioMU Stay Young and Free!

Editor : MUtrack Nabila Rifa
Photographer : MUtrack Irna