SUEDE – It Starts And Ends With You (single) | Warner Music Indonesia

Suede – It Starts And Ends With You

Suede akhirnya kembali. Setelah memutuskan untuk bubar pada 2003 dan reuni di 2010 akhirnya mereka merilis album keenam mereka yang diberi titel “Bloodsport” dan menjadi album pertama mereka setelah terbentuk kembali. Album ini juga menjadi album pertama mereka dalam 11 tahun terakhir setelah “A New Morning” yang rilis di tahun 2002 menuai celaan dari banyak pihak dan mendapat hasil penjualan yang jelek. Setelah mereka melakukan tur dunia pada 2009 – 2012 akhirnya mereka masuk studio demi menyelesaikan album keenam mereka yang tentunya sudah ditunggu oleh fans dan juga berbagai kalangan. Mereka sebelumnya sempat memberikan single teaser yaitu “Barrier” yang bisa diunduh gratis di web mereka dan mereka sekarang meluncurkan single perdana mereka dari album barunya yang berjudul “It Starts And Ends With You“.

Pukulan drum yang menghentak memulai lagu ini lalu disambut dengan petikan gitar yang juicy dan berenergi ala Suede. Begitu vokal Brett masuk dia pun melantunkan lirik yang penuh dengan perumpamaan seperti karya-karya hits Suede sebelumnya yang selalu memakai formula seperti itu. Sound dari era “Dog Man Star” pun juga dimunculkan namun dengan polesan yang sedikit modern sehingga membuat track ini terus bermain dengan sangat apik. Begitu masuk di bagian reff tensi lagu pun makin meningkat dimana Brett langsung mulai memamerkan gaya vokalnya yang khas. Masuk di bagian bridge lagu permainan gitar pun makin ditonjolkan dengan sensasi gitar khas ala lagu britpop pada umumnya. Masuk di bagian akhir lagu, riff gitar pun semakin maut dengan diselingi oleh gebukan drum yang catchy dan iringan handclapping. Lagu ini juga tersusun rapi, enerjik, manis dan juga tidak lupa akar musik britpopnya sangat terasa begitu kita mendengar lagu ini. Sekilas memang kita akan mengaitkan lagu ini dengan “Electricity”.

Biasanya sebuah single comeback menentukan arah dari kemana comeback mereka bisa itu berhasil atau gagal total. Dan untuk single comeback dari Suede ini bisa dikatakan merupakan sebuah keberhasilan karna dapat memadukan sound britpop yang sudah diterapkan Suede sedari dulu dengan kuping penggemar alternative rock sekarang. Vokal Brett disini juga begitu glamor, elegan dan menggoda. Tema lagu dan pemilihan judul lagu yang begitu sweet dan juga komposisi musik yang epik bisa menjadi sebuah pembuktian bahwa Suede belumlah punah sepenuhnya dan dengan single perdana setelah 10 tahun ini mereka bisa menarik fans baru dan membuat nostalgia fans lama akan keindahan Suede dulu. (Luthfi-Ashel)