Trapspot HMG Unpad 2014

trapspotDalam menyambut Dies Natalis Fakultas Teknik Geologi yang ke-56, Himpunan Mahasiswa Geologi (HMG Unpad) menggelar National Geologocial Week, yang salah satu acaranya adalah Trapspot 2014. Acara ini diadakan oleh salah satu student chapter yang ada di Geologi, yaitu American Asssociation of Petroleum Geologist (AAPG SC Unpad). “Acara ini merupakan jawaban dari acara-acara Geologi Unpad yang mungkin berbeda dengan acara lainnya yang mengusung acara konser tetapi kami dapat menggelar acara yang bisa berskala nasional,” tutur Muhammad Tressna Gandapradana (@tregandapradana) selaku Wakil Kepala Suku Himpunan Mahasiswa Geologi Unpad.

Tak hanya mengadakan seminar, Trapspot 2014 juga menggelar Poster Contest dan juga Fieldtrip. Dalam seminar nasional kali ini, AAPG turut mengundang para geology experts in oil and gas companies serta dari pihak pemerintah mengenai pengembangan industri gas dan minyak di Indonesia. Di samping itu, poster contest juga menjadi salah satu kegiatan dari acara Trapspto 2014. Tahun ini, terdapat 15 tim dari 9 universitas di Indonesia yang mengikuti lomba ini. Lomba ini merupakan ajang untuk para calon geologist muda untuk menggali teknologi atau ilmu baru yang bisa diterapkan untuk mengembangkan kebutuhan energi di Indonesia yang dilihat dari sisi minyak dan gas bumi.

Seminar di hari pertama tanggal 11 November 2014 membahas tentang “Flung Out Your Lore on Natural Gas Exploration and Plan Development for a Promosing Future” dengan mengundang bapak Dharmawan Samsu selaku Head of Country BP Indonesia, bapak Noor Syarifuddin selaku Vice President of Total E&P Indonesia, dan bapak Nico Muhyiddin selaku Vice President Corporate Services INPEX yang ketiganya bertugas sebagai juri di Poster Contest. Selain seminar, di hari pertama para peserta poster contest mepresentasikan hasil riset mereka di hadapan para juri.

Di hari kedua, 12 NovIMG_4429ember 2014, Trapspot 2014 mengadakan seminar yang bertajuk “Breakthrough the Natural Gas Prospectivitywithin Indonesia’s Regulation” dengan mengundang bapak Riyanto Suwarno selaku Direktur Pengembangan Pertamina PHE, bapak Wendy Kurniawan dari Dinas Keteknikan G&G SKK Migas, dan yang terakhir adalah bapak Bani Tiofan Tampubolon dari SKK Migas. Di penghujung acara, panitia mengumumkan para pemenang Postes Contest Trapspot 2014. Pemenang ketiga jatuh kepada tim tuan rumah, yaitu Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, pemenang kedua dari tim Institut Teknologi Bandung, dan pemenang pertama dari tim Teknik Geologi Universitas Diponegoro yang beranggotakan Ryan Jody Pratama (@Ryancelobes), Nicolas Jalu Pangesty (@nicolasjalu), dan Frisca Marina R (@friscamarina). Frisca mengaku bahwa acara ini membawa manfaat yang sangat besar seperti menambah link serta pengetahuan mengenai regulasi energi yang ada di Indonesia. Jalu menambahkan, “Dengan adanya acara ini dapat mengoptimalisasi energi masa depan kita terutama natural gas dan energi-energi alternatif lain.” “Mengenai penyambutan dan pelayanan dari teman-teman Geologi Unpad sendiri sangat baik dan saya sangat appreciate dengan acara mereka untuk Trapspot tahun ini dan sukses untuk Trapspot dan Geologi Unpad di tahun-tahun kedepannya,” tutup Ryan Jody.

Rangakaian terakhir dari Trapspot 2014 ini adalah Fieldtrip yang bertujuan agar para peserta mengetahui bagaimana proses mencari migas di lapangan yang akan diadakan pada tanggal 24-26 November 2014 mendatang.

“Tujuan dari diadakannya Trapspot ini adalah mengenalkan, karena apa yang didapatkan oleh mahasiswa di kampus hanya berperan sekitar 10%-20% di industri migas. Namun, dengan acara ini mahasiswa diperkenalkan teknologi-teknologi baru yang diterapkan yang tidak dipelajari di perkuliahan,” tutup Irdanto Saputra selaku ketua acara Trapspot 2014.

reporter: @tisuy

editor: @entriaprilia